Percepat Implementasi Desa Digital, Pemda Konsel Undang BAKTI Kemenkominfo RI Dorong Penyediaan Fasilitas Internet Melalui Pemanfaatan BUMDesa

KONAWE SELATAN-SarabaNews.com.

Foto : Istemewah

Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) dibawah kepemimpinan Bupati H Surunuddin Dangga ST MM dan Wakil Bupati Rasyid S.Sos M.Si memiliki program prioritas dalam memajukan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Salah satu program andalan yang tertuang dalam RPJMD Konsel 2021 – 2026 yang dikemas dalam tagline Desa Maju Konsel Hebat yakni mewujudkan Desa Digital melalui penyediaan Internet diseluruh pelosok Desa.

Mempercepat implementasi program dimaksud, Pemda Konsel dalam hal ini Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) membangun kerjasama dengan pihak Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo RI.

Detail kerjasama adalah dalam bentuk penyediaan Internet desa melalui program kemitraan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Sekaligus peluang bisnis menguntungkan menjadi potensi besar menambah pundi-pundi pendapr asli Desa.

Tindak lanjut sinergitas kedua pihak, BAKTI melakukan kunjungan sosialisasi program kemitraan BUMDesa dan asesmen di Konsel yang dipimpin Tenaga Ahli BAKTI Kemenkominfo Pusat, Budi Setiadi. Dan diterima Kadis Kominfo Drs Anas Mas’ud M.Si, Sekdis Hj St Hafsa S.Sos M.Si, dan Ketua Dewan Pengawas Perusda Prof Hasbuddin. Rabu (3/11/2021).

Dikesempatan itu, Budi Setiadi menjelaskan kunjungannya dalam rangka memberikan pemahaman pentingnya dan benefit yang diperoleh dari kerjasama kemitraan yang dibangun. Dengan menjembatani kesenjangan akses telekomunikasi dan informasi melalui pemanfaatan BUMDesa.

Kegiatan ini juga sebagai tindaklanjut kerjasama dengan Pemda Melalui program konektifitas BUMDesa, BAKTI menggandeng penyelenggara layanan internet (internet servis provider/ISP) untuk menghadirkan konektifitas internet yang lebih baik di pedesaan,” sebutnya

Dijelaskannya juga, dengan adanya internet, setiap rumah penduduk bisa memiliki wifi sendiri berlangganan dengan BUMdesa, sehingga tidak menggunakan paket data lagi dan desa lokasi blank spot akan memiliki akses internet.

Adapun bentuk kerjasama, kata ia. BAKTI membantu peningkatan kapasitas SDM dan pendampingan, seperti melaksanakan pelatihan di bidang pengelolaan jaringan secara gratis yang dibiayai oleh negara.D

Kami akan melakukan peningkatan kapasitas pengelolaan BUMDes, ¬†khususnya keterampilan teknis pengelolaan internet desa dan infrastruktur penunjangnya. Berharap¬†BUMDes di Konsel bisa ikut dalam program kemitraan tersebut,” tandasnya.

Kadis Kominfo Anas Mas’ud menambahkan. Tim bakti Kemenkominfo melakukan sosialisasi program usaha internet desa yg menjadi unit usaha BUMDesa,

Sosialisasi ini dilaksanakan untuk membuka wawasan Pemerintah Desa dan BUMDesa utk pengelolaan unit usaha internet Desa.”Pihak BAKTI akan memfasilitasi dan menghubungkan dengan provider ISP, peranan Pemdes adalah mengalokasikan penyertaan modal untuk unit usaha internet desa BUMDes,”terangnya.

BAKTI Kemenkominfo akan mendampingi proses usaha, bekerjasama dengan ISP membuat nota kesepahaman, melakukan peningkatan kapasitas pengelola unit usaha internet desa, memfasilitasi berbagai aplikasi penunjang, sehingga hasil akhir akan terbentuk ekosistem digital di desa.

Sehingga BUMDes dalam mengelola bisnis internet akan mendapatkan keuntungan bersama ISP, dengan pendampingan selama tiga tahun kedepan dari TIM BAKTI.

Dengan harapan, tersedianya internet desa akan banyak peluang usaha dan peluang lapangan kerja, masyarakat bisa membuat warung usaha voucher internet, usaha warung kopi dan sebagainya dengan fasilitas wifi,” pungkas Alumni STPDN ini. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *